Beri Arahan Penyusunan SKP Terbaru di MAN 1 Probolinggo, Kepala Kantor Kemenag Analogikan SKP dengan Terminologi Ilmu Musthalah Hadits

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, Bapak Akhmad Sruji Bahtiar Bersama Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Bapak Taufik dan Kepala MAN 1 Probolinggo, Bapak Syaiful Abdi di Ruang Guru MAN 1 Probolinggo, Kamis (17/3/2022). Foto: tim humas

humas mansapro

MANSAPRO– Sosialisasi dan Pembinaan Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) di MAN 1 Probolinggo oleh tim dari kantor kementerian agama kabupaten Probolinggo pada hari ini, Kamis (17/3/2022).

Hadir langsung dalam acara ini kepala kemenag kabupaten Probolinggo, ustadz Akhmad Sruji Bahtiar bersama kepala sub bagian tata usaha, bapak Taufik dan staf bapak Irfan.

Dalam arahannya ustadz Bahtiar menyampaikan terkait Sasaran Kinerja Pegawai dengan menganalogikan dengan terminologi dalam ilmu musthalahul hadits.

“Jadi dalam menyusun SKP sanadnya harus nyambung, rowinya juga harus jelas, kemudian matannya juga harus betul betul dipahami,” tutur kepala kemenag di depan guru dan tata usaha MANSAPRO.

Kepala kantor kementerian agama kabupaten Probolinggo ini juga menegaskan untuk terus melakukan inovasi dan perubahan ke arah yang benar dan lebih baik.

“Kita harus membiasakan yang benar, jangan malah membenarkan yang sudah biasa,” terangnya.

Sementara kepala sub bagian tata usaha, bapak Taufik, yang secara khusus memberikan teknis penyusunan SKP mengutarakan, pentingnya pegawai memiliki wawasan terkait SKP itu sendiri.

“Pertama kita harus mempunyai wawasan dulu terkait SKP,” tegas mantan kepala MTsN 1 Probolinggo ini.

Bapak Taufik juga memperjelas yang dimaksud sanad oleh bapak kepala kantor kemenag Probolinggo.

“Sebelum menyusun SKP kita harus mengetahui terlebih dahulu perkin (red: perjanjian kinerja) kepala kantor kemenag Probolinggo dengan kepala kanwil kemenag Jatim,” tegasnya.

Salah seorang guru MAN 1 Probolinggo, bapak Zainul Arifin, secara khusus menyampaikan terima kasih kepada kepala kantor yang telah memberikan analogi SKP dengan istilah dalam ilmu musthalah hadits.

“Saya berterima kasih kepada ustadz Bahtiar, karena baru kali ini saya lebih mudah memahami SKP ini, setelah beliau menganalogikan dengan bidang ilmu yang saya tekuni,” terang, guru ilmu tafsir di MAN 1 Probolinggo ini saat ada sesi tanya jawab. (ZA)