Masuk Nominasi Top 3, Siswi MAN 1 Probolinggo Juara Nurul Jadid Ambassador

Dua siswi MAN 1 Probolinggo yang berhasil juara, Dini Nur Ruhus Sifa dari Situbondo dan Syahra Banu dari Bondowoso. Foto: tim humas

humas mansapro

MANSAPRO– Kompetisi antar siswi di bawah naungan pondok pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo turut melengkapi lemari tropi MAN 1 Probolinggo.

Dua siswi MAN 1 Probolinggo berhasil lolos sebagai juara setelah mencapai puncak dan melewati berbagai sesi eliminasi.

Kompetisi yang melibatkan delegasi siswi terbaik masing masing sekolah ini dikunci tangga juaranya oleh 3 orang santri terbaik, yang dua di antara mereka berasal dari MAN 1 Probolinggo.

“Ya kita dari MAN 1 yang masuk nominasi puncak ada 2 orang, sementara 1 orang lainnya dari madrasah lain,” ungkap Dini, peserta dari MANSAPRO sendiri.

“Untuk finalnya kemarin di aula Nurul Jadid, alhamdulillah kita juara,” sambung Banu, yang juga sebagai peraih juara, Sabtu (1/10/2022).

Nama lengkap dari dua siswi MAN 1 Probolinggo yang berhasil juara adalah Dini Nur Ruhus Sifa dari Situbondo dan Syahra Banu dari Bondowoso.

Ambassador adalah ajang yang diselenggarakan oleh oleh Forum Komunikasi Osis (FKO) yang berada dalam naungan pondok pesantren Nurul Jadid.

Dalam ajang ini semua sekolah mengirimkan 3 siswi terbaiknya untuk mengikuti babak demi babak.

Pertama yang harus dilewati adalah babak screening data dan tes tulis.

Mereka yang dinyatakan lolos pada sesi ini akan berlanjut pada babak berikutnya, yaitu, interview yang meliputi wawasan kebangsaan, wawasan kepesantrenan, kepemimpinan, al furudul ‘ainiyah serta mempresentasikan essai yang sudah ditulis sebelumnya.

Jika dalam sesi ini peserta dinyatakan lolos, maka berhak mengikuti babak berikutnya, yaitu two minute speech.

Two minute speech adalah babak terakhir, dimana peserta diberi kesempatan berbicara selama 2 menit sebelum akhirnya harus menjawab pertanyaan dewan juri

Dalam babak ini yang berhak maju adalah lima peserta (top 5) untuk berkompetisi, dan 3 terbaik dari 5 peserta ini akan menjadi juara Nurul Jadid Ambassador (Top 3). (ZA)