Pembina Apel MAN 1 Probolinggo Hari Ini, : Ada 3 Indikator Akhlaq Mulia Siswa

Pembina Apel MAN 1 Probolinggo, bapak Zainul Arifin Saat Memberikan Pengarahan di Depan Peserta Apel, Senin (12/9/2022). Foto: agus mansapro

humas mansapro

MANSAPRO – Apel setiap hari Senin yang dilaksanakan oleh siswa MAN 1 Probolinggo mendapatkan apresiasi dari pembina apel hari ini, Senin (12/9/2022).

Bertindak sebagai pembina, wakil kepala madrasah bagian hubungan masyarakat (Humas), bapak Zainul Arifin menyampaikan kebanggaannya atas peningkatan kedisiplinan siswanya dalam mengikuti proses pendidikan di madrasah negeri tertua di Jawa Timur ini.

“Alhamdulillah, saya lihat setiap hari anak anak menunjukkan hal yang positif, baik kedisiplinan di bidang masuk, maupun mengikuti kegiatan keagamaan,” tuturnya

Selain menyampaikan ungkapan kebanggaannya, bapak Zain juga tidak lupa mengingatkan untuk terus meningkatkannya dari hari ke hari.

“Ya memang ada saja yang masih perlu ditingkatkan, secara umum sudah baik, tapi tetap kita harus memperbaiki hal hal yang kurang, misalnya kalau ada siswa yang belum bisa dengan sungguh2 mengikuti program madrasah, ayo ke depan kita harus tingkatkan,” harapnya.

Secara khusus guru ilmu tafsir ini menyampaikan pentingnya pembangunan akhlaqul karimah.

“Kemuliaan manusia itu dipandang dari akhlaqnya, dan setidaknya kita bisa menilai akhlaq dari diri kita sendiri dari 3 indikator, yaitu dari ucapan, perbuatan dan sikap,” jelasnya.

“Anak anak, harus bertutur kata yang mulia kepada orang tua dan guru, volume suara anak2 tidak boleh terlalu nyaring di depan orang tua dan guru, pokoknya jangan sampai menimbulkan sikap yang dinilai kurang sopan,”

“Demikian juga dengan perbuatan dan sikap kepada orang tua dan guru, harus menunjukkan kesopanan, misalnya dengan menundukkan kepala saat berkomunikasi dengan orang tua atau guru,” imbuh pak Zain. (ZA)