Setelah Moderasi Beragama, MAN 1 Probolinggo Kembali Gandeng TNI-AD untuk Bangkitkan Patriotisme Siswanya

Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI dan Pembinaan Jiwa Patriotisme Siswa MAN 1 Probolinggo oleh Anggota TNI-AD, Sabtu (22/1/2022). FOTO: Riska mansapro

humas mansapro

MANSAPRO-Komando Rayon Militer (Koramil) Paiton hari ini memberikan pembinaan kepada siswa MAN 1 Probolinggo, Sabtu (22/1/2022).

Kegiatan yang dikemas dengan dialog dan tanya jawab ini bertujuan untuk menanamkan rasa kecintaan siswa kepada negaranya sendiri.

“Kegiatan ini kita maksudkan untuk menanamkan dan menumbuhkan rasa cinta anak anak kepada negara, memberikan pengetahuan soal nasionalisme yang harus dimiliki oleh seluruh rakyat Indonesia,” papar ustadz Syaiful Abdi, kepala MAN 1 Probolinggo terkait tujuan giat ini.

Selain memberikan wawasan pengetahuan terkait kebangsaan dan nasionalisme, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membentengi siswa dari paham paham radikalisme yang bisa merongrong keutuhan NKRI.

“Ini juga untuk membekali dan membentengi mereka, supaya tidak terpapar paham paham yang bisa mencederai persatuan dan keutuhan bangsa, ini sebenarnya bagian dari program madrasah, bulan sebelumnya kita juga menghadirkan TNI dan MWC-NU (red: Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama) Paiton dalam pembinaan moderasi beragama,” tegas pak Abdi saat ditanya terkait ikhtiar yang dilakukan madrasah selain dari pembelajaran oleh guru sendiri.

Sersan mayor Babun Sugianto, anggota TNI-AD dari Koramil Paiton hadir sebagai narasumber dalam kegiatan yang dilaksanakan di aula MAN 1 Probolinggo ini.

Dalam dialognya, Serma Babun memberikan wawasan pertahanan dan patriotisme.

“Pertahanan tidak boleh rapuh, dalam konteks adik adik yang masih belajar seperti ini, itu artinya kalian harus giat belajar, tidak boleh mengecewakan orang tua dan guru, jangan sampai terseret ke dalam pergaulan yang tidak positif, apalagi sampai terlibat tindakan kriminalitas,” harap serma Babun di hadapan siswa MAN 1 Probolinggo.

Selain banyak memberikan motivasi untuk menjadi generasi yang bisa dibanggakan oleh bangsanya, serma Babun juga memberikan informasi secara detail terkait penerimaan prajurit TNI-AD serta resep yang perlu dipersiapkan untuk bisa bersaing dalam mengikuti seleksi penerimaan tentara ini.

“Bagi yang berminat, dari sekarang sudah bisa dipersiapkan, baik mental ataupun fisiknya, saya siap memberikan bimbingan, dan kebetulan saat ini sudah ada dari siswa MANSAPRO ini sedang ikut bimbel di rumah, gratis kok,” tegas pak Babun.

Anggota Koramil Paiton yang pernah bertugas di Ambon dan Maluku Utara ini juga tidak lupa memberikan apresiasi kepada salah satu alumnus MANSAPRO yang sudah diterima jadi anggota TNI-AD.

“Sangat membanggakan, anak MANSAPRO ini, ada namanya Nur Ubaid Ghfari. J, itu alumnus madrasah ini, dulu ikut bimbel di rumah saya, alhamdulillah sekarang sudah ada di satuan Detasemen Pandu Taikam Kostrad Divif 3 Kostrad Makasar,” papar serma Babun kepada Humas MANSAPRO sesaat setelah acara pembinaan selesai. (ZA)